Kecantikan

Bye . . . . Bye . . . Bopeng!


Banyak treatment yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bopeng di wajah. Apa saja treatmenttersebut?

Kehadiran bopeng tentu sangat mengganggu, karena membuat wajah terlihat kotor, sehingga membuat perempuan tampak tidak cantik. Tak heran, bila bopeng kerap membuat kaum perempuan tidak pede.

Bopeng di wajah, kata dr Ni Putu Susari Widianingsih SpKK, pada dasarnya adalah salah satu bentuk scar atau jaringan parut. Jaringan parut bisa berbentuk hipertrofi maupun hipotrofi.

Hipertrofi adalah jaringan parut yang bentuknya menonjol di permukaan kulit. Bisa membentuk keloid atau hypertrophic scar. Sedang hipotrofi atau atrofi atau atrophic scar adalah jaringan parut yang berbentuk cekung,” jelas dokter spesialis kulit dan kelamin dari Surabaya Skin Centre, yang akrap disapa Putu itu.

Atrofi inilah yang sering dikatakan sebagai bopeng di wajah. Jaringan parut tipe atrofi tersebut bisa disebabkan banyak hal, seperti jerawat, infeksi virus cacar air atau varicella, trauma, dan bekas luka operasi. “Bekas jerawat dan cacar air adalah dua penyebab yang paling sering menimbulkan atrophic scar,” ujar Putu.

Bentuk

Dijelaskan Putu, atrophic scar yang membuat wajah tampak bopeng-bopeng, bisa berupa tiga bentuk, yaitu :

Ice Pick

Jaringan parut berupa ice pick, tampak seperti titik-titik kecil di permukaan kulit. Jika dilihat dari penampang kulit secara melintang, lubang ice pick tampak dalam, namun sempit. Bentuknya seperti segitiga, dengan ujung yang runcing di bawah.

Rolling

Rolling berbentuk seperti cekungan landai dan tidak dalam. Sehingga jika dilihat dari permukaan kulit, bopengnya tampak lebih lebar ketimbang bopeng pada ice pick. Tapi, jika dilihat dari penampang kulit secara melintang, lubang rolling berbentuk cekungan setengah lingkaran.

Menurut Putu, rolling terjadi akibat adanya jaringan ikat yang mengerut atau tertarik ke dasar kulit, bahkan bisa tertarik hingga ke jaringan lemak. “Tarikan inilah yang membuat kulit di atasnya tertarik ke dalam, sehingga membuat cekungan,” kata Putu.

Boxcar

Atrofi berupa boxcar ditandai dengan permukaan kulit yang cekungannya bersudut lebih tegas ketimbang rolling. Jika dilihat dari penampang kulit secara melintang, lubang boxcar tampak kotak.

Cara Mengatasi Bopeng

Atrophic scar yang membuat wajah tampak bopeng, bisa diatasi dengan beberapa treatment berikut :

Subcision

Jaringan parut atrofi bisa diatasi dengan subcision. Biasanya, cara ini dilakukan untuk mengatasi jaringan parut atrofi yang berupa rolling.

Cara kerja subcision adalah merusak jaringan ikat yang menarik kulit, menggunakan jarum khusus. Hal itu akan membuat kulit di atasnya berangsur-angsur rata dengan permukaan kulit sekitarnya.

Filler

Cara kerja filler adalah menginjeksikan hyaluronic acid di bagian yang cekung atau bopeng, sehingga permukaan kulit akan tampak rata kembali. Tapi, sebelum tindakan filler, terlebih dulu dilakukan subcision untuk membebaskan jaringan ikat yang menarik kulit sehingga berbentuk cekung. Filler tersebut biasanya dilakukan untuk mengatasi jaringan parut berupa rolling.

Mikrodermabrasi

Jaringan parut atrofi juga bisa diatasi dengan mikrodermabrasi. Cara ini bertujuan untuk mengangkat lapisan kulit mati di bagian atas. Karena itu, mikrodemabrasi biasanya digunakan untuk mengatasi jaringan parut yang ringan atau superficial.

Meski demikian, menurut Putu, mikrodermabrasi juga bisa digunakan untuk mengatasi jaringan parut yang sedang.

Untuk frekuensinya, mikrodermabrasi bisa dilakukan tiap dua minggu sekali, dan diulang minimal sepuluh kali. Frekuensi ini bisa dikonsultasikan dengan dokter agar bisa dilakukan sesuai kondisi.

Dermaroller

Bopeng di wajah bisa diatasi dengan dermaroller, yaitu menggunakan alat yang dilengkapi dengan jarum mikro (micro needling). Saat alat diaplikasikan, jarum ini akan membentuk luka kecil (mikro lesion). Luka tersebut menimbulkan inflamasi yang mampu merangsang kolagen untuk membuat perbaikan kulit.

Menurut Putu, dermaroller ini biasanya digunakan untuk mengatasi jaringan parut yang tidak terlalu dalam. Hasil dari tindakan ini bisa dilihat setelah 5-6 bulan.

Biasanya, dalam 5-6 bulan, scar akan berkurang sekitar 50-75 persen. Tapi selama itu, tindakan dilakukan satu bulan sekali, dan diulang minimal 3-5 kali.

Laser

Tindakan laser bisa digunakan untuk mengatasi semua bentuk jaringan parut atrofi. Laser yang digunakan bisa laser CO2, atau laser Nd:YAG. Keduanya bertujuan untuk merangsang kolagen sehingga terjadi perbaikan kulit.

Dijelaskan Putu, laser CO2 bersifat ablatif, sehingga memerlukan anestesi topikal. Tindakan ini memerlukan waktu penyembuhan sekitar 2-4 minggu. Sedang laser Nd:YAG bersifat non-ablatif, biasanya tidak memerlukan anastesi topikal. Setelah menjalani laser Nd:YAG ini, pasien bisa langsung beraktivitas.

Tindakan laser bisa dilakukan 3-4 minggu sekali, dan diulang minimal tiga kali. Namun, “Frekuensi tersebut bergantung pada tingkat keparahan jaringan parut,” ujar Putu.

Jaringan Parut Bisa Dicegah

Jaringan parut atrofi yang membuat bopeng-bopeng pada wajah memang bisa diatasi dengan beberapa treatment tertentu.

Namun, untuk mempercepat penyembuhan dan memaksimalkan hasil treatment, Putu menyarankan agar dilakukan terapi khusus menggunakan obat-obat tertentu.

“Obat-obatan tersebut bertujuan untuk mengendalikan jerawat dan merangsang kolagen, sehingga membantu perbaikan tekstur kulit,” ujar Putu. Obat-obat tersebut bisa berupa topikal, maupun oral. Obat topikal seperti krim antibiotik, maupun komedolitik. Sedang obat oral seperti antibiotik oral maupun vitamin A oral.

Namun, obat oral biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat yang meradang atau jerawat stadium berat. Agar penggunaan obat-obat tersebut aman dan sesuai dengan kondisi yang dimiliki, sebaiknya konsultasikan pemilihan dan penggunaannya dengan dokter yang terpercaya.

Ditambahkan Putu, terapi khusus tersebut juga sebaiknya dilakukan di rumah. Sayangnya, masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya terapi tersebut sehingga enggan melakukannya.

Padahal, jika tidak menjalani terapi bopeng tersebut, penyembuhan jaringan parut atrofi akan makin sulit dan membutuhkan waktu lebih lama.

Serum Jauzaa Arfikha, serum organik yang merupakan serum multifungsi yang bermanfaat untuk membantu permasalahan jerawat, membantu mempercepat pengeringan luka, membantu mencerahkan, menghaluskan dan melembutkan kulit wajah, membantu mengencangkan dan mengurangi kerutan-kerutan di wajah.

Untuk pemesanan hubungi

RSC FH99

Telepon/SMS: 0821-3941-4734

Facebook: RSC FH

Ingin membuka usaha TANPA MODAL? Jadilah reseller kami. Info klik di sini.

About these ads

2 thoughts on “Bye . . . . Bye . . . Bopeng!

  1. Apakah ada cara untuk menghilangkan lubang bekas cacar dengan membeli obat d’apotik? Kira-kira berapa biaya dan waktu penyembuhannya? Trima kasih sebelumnya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s