Kenali Tipe Jerawat


Jerawat memang suatu hal yang menyebalkan karena akan membuat penampilan anda terlihat kurang menarik dan kepercayaan diri anda akan menurun. Untuk mengobati jerawat maka anda harus mengenali jenis jerawat yang sering muncul di wajah anda. Berikut jenis jerawat yang harus anda kenali.

Tipe yang pertama adalah komedo. Komedo adalah nama ilmiah dari pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka disebut sebagai blackhead, terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Berwarna hitam sebenarnya bukan kotoran tetapi merupakan penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara. Sedangkan komedo yang tertutup atau whiteheads, biasanya memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat makanya terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit. Jerawat jenis komedo ini disebabkan sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Bila anda melakukan scrub sebaiknya cucilah muka anda dengan waslap dengan menggunakan sabun muka yang mengandung salicylic acid atau yang mengandung AHA atau BHA. Make up dan produk penataan rambut yang mengandung minyak akan membuat jerawat anda semakin parah. Berkeringat dan udara yang panas dan lembab dapat juga menyumbat pori-pori.

Anda bisa mencegahnya dengan mencuci muka setiap pagi dan malam dengan pembersih yang mengandung salicylic-acid atau AHA atau BHA untuk mengelupas sel-sel kulit mati. Atau anda bisa lakukan men-scrub kulit wajah anda minimal seminggu sekali. Bawalah selalu kertas penyerap minyak untuk menyerap kelebihan minyak di wajah. Anda juga bisa kenakan masker untuk kulit berminyak seminggu sekali. Untuk penyembuhannya maka anda bisa hilangkan blackheads dengan plester pore strips. Sedangkan untuk whitehead sebaiknya anda gunakan obat jerawat yang mengandung salicylic-acid.

Tipe yang kedua adalah Jerawat Biasa. Jenis jerawat klasik ini mudah dikenal yaitu terdapat tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Hal ini terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi dengan bakteri yang terdapat di permukaan kulit, dari waslap, kuas makeup, jari tangan atau dari telepon anda. Stress, hormon dan udara yang lembab dapat memperbesar kemungkinan infeksi jerawat karena menyebabkan kulit memproduksi minyak yang merupakan tempat berkembang-biaknya bakteri. Jerawat yang disebabkan hormon biasanya muncul di sekitar rahang dan dagu.

Untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat sebaiknya anda gunakan sabun muka yang mengandung benzoyl-peroxida atau sabun sulfur. Anda juga bisa gunakan masker anti bakteri atau jerawat seminggu sekali. Jika obat-obat jerawat yang dijual bebas tidak ampuh sebaiknya anda konsultasikan kepada dokter kulit yaitu obat jerawat yang mengandung vitamin A derivatif seperti Retin-A.

Tahap untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri sebaiknya anda gunakan obat jerawat yang mengandung benzoyl-peroksida atau bila kulit anda tidak tahan, gunakan produk yang mengandung sulfur. Tetapi jika obat-obat tersebut tidak juga membuat jerawat anda hilang sebaiknya anda mintalah resep salep yang mengandung antibiotik seperti Garamicyn. Karena salep ini akan mampu membunuh bakteri dan mengurangi pembengkakan serta peradangan.

Tipe yang ketiga adalah Cystic Acne (Jerawat Batu atau Jerawat Jagung). Biasanya jerawat ini besar dengan tonjolan-tonjolan yang meradang hebat dan berkumpul di seluruh wajah anda. Jerawat ini memang sangat merusak penampilan anda tetapi tidak hanya secara fisik saja tapi juga kepercayaan diri anda. Biasanya penderita jerawat ini dikarenakan faktor genetik yang memiliki kelenjar minyak yang over aktif dan pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal tidak bisa regenerasi secepat kulit normal. Kulitnya juag memiliki respons yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Cara mencegahnya adalah mengkonsultasikan kepada dokter kulit dan meminta resep pil antibiotik seperti tetracycline. Bila dalam sebulan tidak ada tanda-tanda perbaikan, mungkin dokter akan memberikan resep baru. Meskipun penyembuhannya memakan waktu hingga lima bulan tapi dianggap sebagai obat mujarab pilihan terakhir. Pengobatan untuk jerawat batu adalah meminta dokter kulit menyuntik jerawat dengan cortisone yang membuat jerawat ini sembuh dalam waktu 48 jam. Jika saat diobati ternyata jerawat anda termasuk dalam kasus yang kronis maka anda akan mengalami beberapa efek samping seperti bibir pecah-pecah yang parah. Jadi mulailah waspadai jenis jerawat yang ada di wajah anda.

Anda bermasalah dengan jerawat dan kulit berminyak? Gunakan Sabun Anti Acne Jauzaa Arfikha untuk merawat kulit wajah Anda. Sabun Anti Acne Jauzaa Arfikha terbuat dari spirulina, klorofil, kolagen dan bahan alami lain yang aman untuk semua jenis kulit. Harga Rp 80 ribu.

Untuk pemesanan hubungi

RSC FH99

Telepon/SMS: 0821-3941-4734

Facebook: RSC FH

Ingin membuka usaha TANPA MODAL? Jadilah reseller kami. Info klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s