7 Cara Turunkan berat Bedan Pasca Melahirkan


SETELAH melahirkan, tentu ada banyak hal yang perlu Anda pikirkan. Mulai dari kapan harus menyusui, apa  yang harus dilakukan jika bayi kesayangan Anda menangis, dan bagaimana cara menurunkan berat badan yang bertambah selama kehamilan. Jika sebelum hamil berat badan Anda normal dan mengalami penambahan berat sebanyak 12.5-17.5 kg selama kehamilan, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menurunkan berat badan secara perlahan, bisa lebih dari 2 bulan, dengan memperhatikan asupan makanan dan tentunya berolaraga.

Tapi, jika sebelum kehamilan Anda sudah kelebihan berat badan dan mengalami penambahan berat badan lagi selama kehamilan, dokter menyarankan Anda untuk mengambil lebih banyak waktu, mungkin hingga 1 tahun, untuk menurunkan berat badan.

Menurut pakar kesehatan, sangat penting untuk menurunkan berat badan akibat kehamilan.” Menurunkan berat ini sangat penting. Jika tidak, hal ini bisa menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas dalam waktu 15-20 tahun ke depan,” terang Debra Krummel, PhD, RD,  profesor dari University of Cincinnati department of nutrition, seperti dikutip situs webmd.

Tapi jangan lupa, meskipun Anda ingin secepatnya kembali ke bentuk badan semula, hal ini harus dilakukan dengan sabar. Mungkin Anda ingin meniru selebriti favorit Anda yang seringkali bisa langsung kembali memiliki tubuh indahnya segera setelah melahirkan. Mungkin Anda sering bertanya-tanya bagimana mereka bisa melakukannya.”Pertanyaan sebenarnya bukan itu, tapi seharusnya, mengapa mereka melakukannya?” terang Melinda Johnson, MS, RD, pakar diet sekaligus juru bicara American Dietetic Association (ADA).”Mereka menerapkan diet yang sangat, sangat ketat, dan sebagian dari mereka melakukan aktivitas sebelum tubuh mereka siap melakukannya,” terang dia.

Menurut Johnson, para ibu harus lebih sabar.”Anda mengalami penambahan berat badan selama 9 bulan masa kehamilan. Jadi, sebaiknya paling tidak perlu waktu selama itu untuk menurunkan berat badan.”

Dengan menerapkan prinsip Johnson tersebut, berikut bebrapa tip yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan setelah melahirkan dan membantu Anda kembali ke ukuran jeans lama Anda, apapun ukurannya.

1. Hindari diet

Kedengarannya aneh, tapi mengikuti pola diet tertentu bisa menghancurkan usaha Anda menurunkan berat badan pasca melahirkan. Menurut Johnson, merasa punya akses terbatas terhadap makanan favorit sementara Anda sudah stres karena peran Anda sebagai ibu, bisa menjadi sumber penambah berat badan.

“Jika Anda menerapkan pola makan sehat dan makan di saat lapar, sebagian besar perempuan mengaku tetap memiliki berat badan alami,” terang dia.

Daripada diet, Johnson, menganjurkan Anda untuk mengonsumsi berbagai variasi makanan dalam jumlah seimbang. Jadi, sediakan snack yang berbeda-beda di rumah. Ini akan menghindarkan Anda dari kelaparan dan membuat Anda berenergi sepanjang hari. Potongan apel, wortel, atau cracker gandum bisa menjadi pilihan Anda.

Tidak perduli seberapa besar keinginan Anda  untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk tidak mengurangi asupan 1.800 kalori per hari, khususnya saat Anda sedang menyusui.

2. Pilihlah makanan super

Ketika baru melahirkan, tubuh Anda memerlukan nutrisi maksimum, khususnya jika Anda menyusui. Karena itu, pilihlah makanan yang kaya nutrisi tapi rendah kalori dan lemak. Salah satu contohnya adalah ikan. Ikan kaya akan DHA, asam lemak omega-3 esensial, yang berfungsi membantu perkembangan otak dan sistem saraf bayi Anda. Sumber DHA terbaik adalah salmon, sardine dan tuna.

Selain ikan, Anda juga sebaiknya menambah asupan susu yang kaya kalsium untuk membantu mempertahankan kekuatan tulang. Jangan lupa juga asupan protein Anda. Pilihlah daging dengan sedikit lemak, ayam, serta kedelai yang rendah lemak tapi tinggi protein dan serat. Makanan ini baik bagi Anda dan membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Menyusui

Meskipun fakta apakah menyusui bisa menurunkan berat badan masih menjadi kontroversi, beberapa studi menemukan kalau memberi ASI eksklusif akan membantu Anda kembali ke berat badan semula lebih cepat. Menyusui baik bagi bayi Anda, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta berbagai manfaat kesehatan lainnya. Menyusui eksklusif juga memungkinkan Anda menambah asupan 300 kalori ekstra per hari (bisa juga ditambah sedikit jika bayi Anda kuat minum atau bayi Anda kembar). Tapi jangan jadikan menyusui sebagai alasan untuk mengonsumsi apapun yang Anda mau.

4. Minum

Minum banyak sepanjang hari akan menghindarkan Anda dari dehidrasi. Minum juga akan membuat Anda kenyang sehingga konsumsi makan Anda berkurang. Beberapa studi juga telah menemukan kalau minum banyak bisa mempercepat proses metabolisme.

Menurut Johnson, minum 8 gelas per hari bukanlah patokan pasti kalau asupan air Anda cukup. Johnson lebih menganjurkan menjadikan warna dan frekuensi air seni Anda sebagai patokan. Jika air seni Anda relatif jernih, dan Anda buang air kecil setiap 3-4 jam sekali, berarti Anda minum cukup air.

5. Olahraga

Diet sangat penting, tapi tetap hanya satu bagian dari rencana menurunkan berat badan Anda. Anda perlu memadukannya dengan aerobik dan latihan kekuatan setelah melahirkan. Ini bisa membakar kalori dan menjaga kekuatan otot serta tulang. Olahraga, terang Johnson, selain menurunkan berat badan juga mempunyai banyak manfaat lainnya.”Olahraga juga membantu mengatasi depresi, gangguan tidur, meredakan stres.”

Tentu saja tidak harus ke gym. Anda bisa mendapatkan kembali bentuk tubuh impian Anda dengan melakukan jalan cepat bahkan saat mendorong bayi di kereta dorongnya.”Berolahragalah 150 menit per minggu,” terang James M. Pivarnik, PhD, FACSM, profesor  kinesiology and epidemiology di Michigan State University. Dengan keberadaan bayi mungil Anda, melakukan olahraga terus-menerus selama 30 menit kedengarannya tidak mungkin. Jadi, Anda bisa membaginya menjadi 10 menit per sesi-nya. Selanjutnya cobalah menambah durasi hingga 20-30 menit per sesi-nya.

6. Tidur

Mungkin Anda tidak bisa tidur penuh selama 8 jam per malam karena harus merawat bayi Anda. Tapi, kurang tidur bisa menghalangi usaha Anda menurunkan berat badan. Sebuah studi menemukan, ibu baru melahirkan yang tidur selama 5 jam atau kurang semalam cenderung lebih sulit menurunkan berat badan dibandingkan mereka yang tidur 7 jam.

Saat lelah, tubuh akan melepaskan cortisol serta hormon-hormon stres lainnya yang bisa memicu penambahan berat badan.”Selain itu, saat kelelahan, Anda cenderung tidak akan memperhatikan kebutuhan Anda,” terang Johnson. Anda tidak akan terlalu memperhatikan mana makanan yang sehat. Anda bahkan cenderung memilih makanan yang bisa diolah dan diperoleh dengan mudah. Selain itu, Anda akan semakin malas melakukan aktivitas fisik.

Mungkin Anda sudah sering disarankan untuk ikut tidur saat bayi Anda tidur, dan ini benar adanya. Tidur ayamlah sesering mungkin sepanjang hari dan tidurlah lebih awal, paling tidak sampai bayi Anda mulai tidur.

7. Minta bantuan

Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, mintalah bantuan dokter dan pakar diet Anda. Pakar diet ini bisa membantu Anda menyusun rencana makan yang membantu Anda menurunkan berat badan secara aman dan efektif. Sedangkan dokter bisa menuntun Anda dalam menentukan jumlah berat badan yang harus diturunkan dan kapan saat yang tepat untuk mulai berolahraga.

FH99 Mikroba Positif sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. FH99 Mikroba Positif terbuat dari air, madu fermentasi, propolis, ekstrak myrmecodia. FH99 Mikroba Positif sangat efektif untuk mengatasi rouleau (perlengketan darah), kolesterol, asam urat, jantung, ginjal, stroke, diabetes, kanker, tumor, miom, kista, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Harga Rp 300 ribu.

Untuk pemesanan hubungi

RSC FH99

Telepon/SMS: 0821-3941-4734

Facebook: RSC FH

Ingin membuka usaha TANPA MODAL? Jadilah reseller kami. Info klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s