Cara Kenali Penyakit dari Kulit


KULIT bisa menjadi jendela untuk melihat masalah kesehatan Anda. Menurut Wake Forest’s Joseph Jorizzo, MD, seorang pakar yang menulis buku mengenai masalah kulit yang mencerminkan penyakit dalam, banyak masalah kesehatan yang pertama kali muncul dalam bentuk masalah kulit. Berikut beberapa masalah kulit yang bisa menggambarkan penyakit serius lainnya.

Bintik merah berbentuk kupu-kupu

Bintik merah berbentuk kupu-kupu yang muncul di muka, seringkali merupakan pertanda awal penyakit lupus erythematosis. Tapi, itu bukan kesimpulan satu-satunya. Bisa saja bintik merah ini adalah rosacea (masalah kulit yang muncul di wajah) atau bisa juga dermatitis.

“Sayangnya, kadang-kadang ini merupakan pertanda lupus,” ujar pakar dermatologi Paolo Romanelli, MD, seperti yang dikutip situs webmd. Pemeriksaan lebih lanjut, terang dia, diperlukan untuk menentukan apakah itu lupus atau bukan.

Plak seperti beludru

Plak seperti ini di sekitar leher dan/atau ketiak bisa menjadi pertanda diabetes. Kondisi ini, yang dikenal dengan acanthosis nigricans, bisa bersifat jinak, atau muncul akibat obesitas saja. Tapi, seringkali tanda ini merupakan gejala diabetes serta indikator adanya kanker ganas dalam tubuh.

Plak di kaki: merah di pinggirnya dan berwarna emas di tengah

Dokter menyebut plak ini necrobiosis lipoidica diabeticorum. Sesuai dengan namanya, plak ini merupakan pertanda diabetes dan bukanlah tanda yang baik. Kondisi kulit seperti ini bisa menandakan kalau diabetes telah merusak mata dan ginjal.

Benjolan yang gatal dan berwarna lembayung di pergelangan

Benjolan ini biasanya muncul pada pergelangan tangan atau kaki. Tapi, bisa juga muncul pada punggung bawah, leher, kaki, serta alat kelamin. Penyebabnya belum diketahui. Tapi jika mengalami ini Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan liver. Ini bisa menjadi pertanda hepatitis C.

Perubahan warna kulit, seperti pola kulit jeruk di punggung

Tanda ini seringkali muncul dengan tanda lain seperti benjolan menyerupai jerawat  berwarna merah atau coklat yang menyebar di pipi dan hidung. Ini merupakan pertanda penyakit genetik yang jarang ditemui. Penyakit ini
dikenal dengan nama tuberous sclerosis. Penyakit ini bisa menyebabkan tumor jinak tumbuh di otak atau organ vital lainnya.

Tripe Palms

Triple palms merukan kondisi dimana kulit telapak tangan menebal dan membentuk seperti kain beludru putih dengan lipatan-lipatan di garis-garis tangan. Kulit menyerupai kulit perut sapi yang direbus. Ini merupakan pertanda kanker. Jika hanya terdapat pada telapak, kemungkinan besar kanker paru-paru. Jika ditambah dengan munculnya acanthosis nigricans, kemungkinan besar kanker lambung.

Pengerasan kulit yang ekstrim, kaki dan tangan menyerupai kayu

Tanda ini dikenal dengan nephrogenic systemic fibrosis. Biasanya dimulai dengan adanya perubahan warna dan pembentukan lekukan pada bagian lengan bawah dan kaki. Selanjutnya, tangan dan kaki berubah warna manjadi cokelat dan menyerupai kayu. Kadang-kadang diikuti dengan munculnya bintik kuning di mata. Penemuan baru-baru ini menyatakan kalau gadolinium  yang digunakan selama pemeriksaan MRI memicu munculnya kondisi seperti ini pada pasien gagal ginjal.

Bintik merah bersisik di pantat, lidah merah

Untungnya, kasus yang dikenal dengan necrolytic migratory erythema ini sangat jarang ditemui. Tanda ini terkadang diikuti dengan erosi kecil pada kulit, biasanya dijumpai pada pasien usia lanjut. Tanda ini cenderung muncul di pantat atau telapak tangan tapi bisa juga muncul di seluruh tubuh. Biasanya juga diikuti
dengan lidah berwarna merah cerah. Kondisi ini biasanya menandakan adanya kanker pankreas.

Tidak semua tanda di kulit berbahaya

Banyak kondisi kulit yang tidak mengindikasikan apapun. Sebagai contoh benjolan berwarna merah yang membentuk pola seperti cincin di tangan dan kaki. Tanda ini biasanya akan hilang sendiri dalam waktu 2 tahun, dan tidak berarti kalau ada yang salah dengan tubuh Anda.

Ingin Sehat? Minum FH99 Mikroba Positif. FH99 Mikroba Positif terbuat dari air, madu fermentasi, propolis, ekstrak myrmecodia. FH99 Mikroba Positif sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. FH99 Mikroba Positif sangat efektif untuk mengatasi rouleau (perlengketan darah), kolesterol, asam urat, jantung, ginjal, stroke, diabetes, kanker, tumor, miom, kista, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Harga Rp 300 ribu.

Untuk pemesanan hubungi

RSC FH99

Telepon/SMS: 0821-3941-4734

Facebook: RSC FH

Ingin membuka usaha TANPA MODAL? Jadilah reseller kami. Info klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s