Tip Cegah Jerawat


MUNCULNYA jerawat seringkali tidak bisa dihindari, baik oleh remaja usia 16 tahun atau mereka yang berusia 40-an. Menurut National Institutes of Health Amerika, hampir 85% remaja dan dewasa muda dengan rentang usia antara 12 dan 24 mengalami kondisi ini. Pada beberapa orang, jerawat tetap bisa muncul hingga usia 40-an dan 50-an. Meskipun jerawat dianggap sebagai hal yang normal di usia remaja, tetap sangat penting untuk mempelajari bebrapa perawatan dan pencegahan sederhana yang bisa Anda lakukan sehari-hari untuk mengatasi masalah kulisebelum bertambah parah. Berikut beberapa tip yang bisa menjadi panduan Anda dalam mencegah munculnya jerawat.

1. Pastikan muka tetap bersih. Meskipun Anda punya jerawat atau tidak, tetap sangat penting mencuci muka setiap hari untuk mengangkat kotoran, sel-sel kulit mati, serta kelebihan minyak yang ada di permukaan kulit. Saat mencuci muka, gunakanlah air hangat serta mild facial cleanser. Hindari penggunaan harsh soap karena bisa melukai kulit yang sudah meradang dan memicu lebih banyak lagi iritasi.

Selain itu, hindari juga menggosok kulit wajah dengan kain bertekstur kasar seperti handuk badan atau sarung tangan. Pastikan wajah Anda dicuci dengan bersih selanjutnya keringkan dengan handuk lembut dan bersih.
Pastikan mengeringkan handuk sebelum digunakan kembali. Handuk yang basah dan kotor bisa menyebarkan bakteri.

2. Jaga kelembaban. Banyak produk-produk anti jerawat yang bersifat mengeringkan kulit. Jadi, jangan lupa memakai pelembab yang bisa meminimalkan kekeringan dan pengelupasan kulit. Jika kulit Anda berminyak, ada baiknya memilih pelembab yang berbahan dasar gel. Sebaliknya jika kulit Anda kering, cobalah menggunakan krim atau lotion pelembab. Jika kulit Anda perpaduan diantara keduanya, Anda bisa memadukan (krim atau lotion untuk area yang kering, dan gel pada area yang berminyak). Jangan lupa melembabkan wajah dengan air sebelum Ada
menggunakan pelembab.

3. Cobalah produk perawatan jerawat. Produk perawatan jerawat yang dioleskan ke kulit mungkin mengandung bahan seperti benzoyl peroxide, antibakteri yang menyebabkan kulit menjadi kering atau asam salisilat, kandungan yang berfungsi mengangkat bakteri tapi bisa membuat kulit mengelupas. Mulailah dengan menggunakan dalam jumlah kecil. Kemudian tingkatkan atau turunkan jumlah dan frekuensi pemakaian bergantung pada tingkat pengelupasan atau kekeringan kulit Anda. Perhatikan penggunaan salep ini, khususnya jika kulit Anda sensitif. Benzoyl peroxide bisa menyebabkan kulit jadi kemerahan. Bahan ini juga bisa memutihkan pakaian, handuk bahkan rambut.

4. Kurangi pemakainan make-up. Saat istirahat atau tidak bepergian kemana-mana, cobalah hindari pemakaian foundation, bedak, atau blush. Jika memakai make up, pastikan Anda membersihkannya setelah acara Anda selesai. Jika memungkinkan, pilihlah kosmetik yang bebas minyak tanpa tambahan zat-zat kimia. Anda bisa memilih kosmetik yang berbahan dasar air. Pastikan Anda membaca kandungan sebelum membelinya.

5. Perhatikan produk perawatan rambut Anda. Hindari pemakaian wewangian, minyak, atau zat-zat kimia keras lainnya ke rambut Anda. Bahan-bahan ini bisa terjatuh ke muka, menutup pori-pori kulit dan mengiritasi kulit. Pilihlah gentle shampoo dan gentle conditioner. Rambut berminyak juga bisa menyebabkan muka berminyak. Jadi, sering-seringlah cuci muka, khususnya saat jerawat sudah mulai muncul. Jika rambut Anda panjang, cobalah rapikan dan usahakan tidak menutupi bagian muka Anda.

6. Jauhkan tangan dari wajah. Hindari menyentuh muka atau menekan pipi atau dagu Anda dengan tangan. Menyentuh tidak hanya akan menyebarkan bakteri tapi bisa juga mengiritasi kulit yang sudah meradang. Jangan pernah menekan jerawat dengan jari. Hal ini bisa menyebabkan infeksi dan bekas luka.

7. Hindari paparan matahari. Sinar ultraviolet dari matahari bisa memperparah peradangan dan kemerahan di wajah. selain itu, beberapa produk perawatan jerawat yang digunakan secara oral atau dioleskan bisa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap cahaya matahari. Baik mempunyai jerawat atau tidak, jangan lupa memakai sunscreen yang dilengkapi dengan SPF 15 atau lebih paling tidak 20 menit sebelum terpapar sinar matahari.

8. Beri makan kulit Anda. Sebagian besar pakar setuju kalau makanan tertentu seperti cokelat dan chips tidak memicu munculnya jerawat. Tapi, ada baiknya juga menghindari makanan berlemak dan junk food dan menambahkan asupan buah dan sayur segar serta whole grain ke dalam dafter diet Anda. Beberapa studi, seperti yang dikutip situs webmd menunjukkan, konsumsi makanan yang kaya vitamin A dan beta karoten bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Anda bisa menambah konsumsi vitamin A dengan makan wortel, ubi jalar, kol, serta bayam.

9. Olahraga rutin. Olahraga rutin baik untuk tubuh dan pikiran Anda, termasuk kulit yang merupakan organ tubuh terbesar. Olahraga bisa mengurangi kecemasan dan memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Saat berolahraga, hindari pakaian atau peralatan yang bisa menggosok kulit dan menimbulkan iritasi. Jangan lupa mandi setelah berolahraga.

10. Gembiralah. Para pakar meyakini kalau emosi kita berkaitan dengan semua aspek kesehatan, termasuk fungsi kulit. Beberapa studi menghubungkan stres dengan tingkat keparahan jerawat. Luangkan waktu untuk memahami reaksi stres Anda. Selain itu, cobalah menemukan penyebab stres Anda. Temukan cara efektif untuk mengatasi stres sebelum stres tersebut memicu jerawat yang tentunya akan menambah stres Anda.

Anda bermasalah dengan jerawat? Gampang! Gunakan Serum Jauzaa Arfikha, Sabun VCO, dan Nutrisi. Hasilnya? Wajah lebih cling. Buktikan sendiri! Produk alami yang tidak mengandung bahan kimia, aman untuk semua jenis kulit. Harga Serum Jauzaa Arfikha Rp 300 ribu. Harga Sabun VCO Rp 80 ribu (besar), Rp 20 ribu (kecil). Harga Nutrisi Rp 55 ribu.

Untuk pemesanan hubungi

RSC FH99

Telepon/SMS: 0821-3941-4734

Facebook: RSC FH

Ingin membuka usaha TANPA MODAL? Jadilah reseller kami. Info klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s